Tuesday 18 December 2012

Cara Mempercepat Proses Booting

Standard


Siapa yang tidak jengkel jika Proses Booting pada CPU berjalan sangat lambat ?,namun ada cara bagaimana membuat Proses Booting lebih cepat bahkan bisa dalam hitungan detik.







  1. Pada Desktop yang aktif anda bisa pencet secara bersamaan Tombol Windows + R maka keluar jendela RUN atau juga bisa dengan cara dari start menu pada Windows 7 Atau Vista.
  2. Ketik msconfig dari jendela RUN Atau dari Start Menu langsung lalu tekan Enter.
  3. Maka akan keluar System Configuration saya akan memberitahu fungsi-fungsi setiap tab
    • Tab Boot akan membantu anda dalam mempercepat proses booting saat pertama kali hidup.
    • Tab Service akan membantu anda dalam memanggil beberapa layanan pada saat selesai boot disaat ini lah yang menjadi sarang permasalahan karena makin banyak program yang dijalankan secara runtime maka aplikasi tersebut dipanggil.Jangan berikan tanda centang pada layanan yang tidak ingin digunakan.
    • Tab Startup adalah aplikasi yang berjalan secara otomatis anda dapat mematikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan otomatis dengan cara menghilangkan tanda mencentang pada aplikasi tersebut.
    • Tab Tools untuk memanggil aplikasi bantuan untuk memecahkan masalah pada saat booting.
  4. Ikuti cara dibawah :
-Pada Tab General terdapat sebuah pilihan Startup Selection pilih Diagnostic Startup untuk menjalankan aplikasi default pada Windows,untuk Selective Startup akan memilih secara otomatis jika ada perubah pengaturan pada tab lain.
-Berpindah pada Tab Boot centang Safe Boot lalu pilih Minimal karena akan mempercepat Proses Booting pada saat komputer menyala.
-Berpindah pada Tab Service nah pada option ini anda harus berhati-hati karena sampai salah sedikit bisa fatal akibatnya,Centang dahulu Hide All Microsoft Service lalu disable beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.INGAT TIDAK DIPERLUKAN !!!.
-Berpindah pada tab Startup nah tugas anda sekarang adalah mematikan Aplikasi yang berjalan otomatis agar tidak berjalan otomatis ini akan menghemat RAM 5 Sampai 10%.

Bagaimana mudahkan tapi sebelum melakukan hal tersebut buatlah Restore Point untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Post a Comment