Monday 12 March 2012

[TIPS] Mengurangi Beban Server Pada MyBB

Standard
Bagi admin mengelola situs forum berbasis MyBB, mungkin tips-tips berikut ini bisa membantu mengurangi beban server. Tips-tips umum berikut meliputi opsi pengaturan di AdminCP .

1. Nonaktifkan Forum Jump Menu
Forum Jump Menu mengandung banyak kode HTML yang dapat mempertinggi penggunaan bandwidth, dan akhirnya dapat memperbanyak kode untuk penetapan content ratio. Jika fitur ini dipandang tidak begitu diperlukan, silahkan dinonaktifkan saja.
Anda dapat menonaktifkannya dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Server and Optimization Options -> Enable Forum Jump Menu?, dan pilih No.
2. Nonaktifkan Fitur AJAX (XHR/XML HTTP Request)
Fitur AJAX dalam forum MyBB memang merupakan fitur yang bagus, karena dapat mengurang beban server dalam hal update content. Content dapat diupdate tanpa harus refresh/reload halaman dari awal lagi. Namun jika Anda ingin meningkatkan performa server, lebih baik fitur ini dinonaktifkan saja. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Server and Optimization Options -> Enable XMLHttp request features?, dan pilih No.
3. Mampatkan/Kompres Output HTML
Pemampatan output HTML sangat disarankan, karena server akan memampatkan halaman sebelum mengirimkannya ke client. Beberapa sumber menyarankan untuk menetapkan level kompresi tidak lebih dari 1.
Anda dapat mengaktifkannya dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Server and Optimization Options -> Use GZip Page Compression?, kemudian pilih Yes, dan pada GZip Page Compression Level diisi nilai level kompresi (rentang: 0 - 9).
4. Nonaktifkan Friendly Redirection Pages
Menurut saya pribadi, halaman redirect ini cukup mengganggu. Namun untuk menonaktifkan atau mengaktifkannya, juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dan batasan dalam forum. Dengan menonaktifkan halaman redirect, beban server akan terkurangi sedikit. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Server and Optimization Options -> Friendly Redirection Pages, dan pilih Off.
5. Perbolehkan Browser Client Untuk Meng-cache Header
Dengan meng-cache header, browser client tidak akan meminta lagi resource yang sama setiap kali memuat halaman forum. Resource tersebut dapat meliputi CSS, javascript, dsb. Anda dapat memperbolehkan caching header dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Server and Optimization Options -> Send No Cache Headers, dan pilih No.
6. Tampilkan Quick Reply per Thread
Mekanisme Quick Reply pada halaman thread/topik dapat menurunkan beban server, karena memungkinkan user/member untuk tidak atau jarang mengakses halaman New Reply. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengakses menu Configuration -> Settings -> Show Thread Options -> Show Quick Reply Form, dan pilih On.
7. Konfigurasi Default Threads per Page
Silahkan sesuaikan konfigurasi ini sesuai kebutuhan. Beberapa rekomendasi menyebutkan nilai 20 sebagai nilai default yang cukup bagus untuk menjaga agar server tidak terbebani lebih. Anda dapat mengaturnya melalui menu Configuration -> Settings -> Forum Display Options -> Threads Per Page, dan masukkan nilai yang diinginkan (direkomendasikan 20).
8. Uninstall dan Hapus Plugin yang Tidak Diperlukan/Digunakan
Poin ini perlu untuk beberapa alasan, yaitu optimasi beban server, dan sekuritas server. Anda dapat melakukannya dengan mengakses menu Configuration -> Plugins -> Deactivate/Uninstall pada plugin yang tidak diperlukan lagi.

0 komentar:

Post a Comment